RSS

Menghargai Perbedaan

26 Feb

Berawal dari seorang teman yang bete karena aku tertawa saat dia mengeluh tentang salah seorang temanku yang lain. Waktu itu, dia marah, trus bilang, “Tin, ini bukan untuk ditertawakan…” Maaf ya… tapi kadang, kita harus menghadapi perbedaan dengan tertawa.
^_^

Indonesia itu negara demokrasi bukan? Demokrasi juga berarti menerima perbedaan yang ada di setiap orang. Bukankah semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal ika, walaupun berbeda-beda tapi tetap satu. Kita lupakan tentang wakil rakyat yang main lempar-lemparan di persidangan yang disiarkan live, karena mereka berbeda pendapat. Sudah terlalu banyak ahli-ahli lain yang telah mengkritik mereka, dan mereka tetap saja tidak berubah. Mari kita melihat diri kita dulu, sudah bisakah kita menerima saat bercerita tentang sifat teman kita yang sebenarnya kita anggap aneh? Sudah bisakah kita menerima keinginan teman kita yang kita pikir, buat apa sih?

Atau saat seseorang sangat egois dengan sikapnya, kita bisa berkata dengan biasa aja, dia banget ddddeeeehhhhhh. ^_^

Ada seorang yang sangat terburu-buru dan menghitung setiap rupiah yang dikeluarkannya, yang semua orang mengakui hal itu, tapi itulah dia. dan setiap kali dia bertindak seperti itu, kita akan berkata dengan tertawa, “dia banget!!”.

Ada juga yang selalu terlihat tenang. Walaupun dikerjain sedemikian rupa, wajahnya gakkan berubah banyak, paling sedikit senyum dan perkataan “enggak… bukan kayak gitu…”, atau saat ada yang sangat doyan makanan gratis, atau ada yang pikirannya jorok mulu, saat orang lain bepikir biasa-biasa aja, komentar yang lain “loe banget deeeehhhh….” atau saat kalian melihat sifatku yang khas dan aneh, kalian bisa berkata “Titin banget dddeeeeehhhhh!!!” hahahahhahahaha

Saat ada orang baru yang mengeluhkan sifat orang lain yang kukenal, aku akan tertawa. Kenali mereka lebih jauh, dan kamupun akan bisa tersenyum dan menerima setiap kali ingat sifat-sifat mereka. Bukan aku membenarkan setiap tindakan yang dilakukan oleh teman-temanku, tapi aku menghargai setiap perbedaan yang ada di teman-temanku.

Menerima orang lain dengan segala sifat yang dia miliki, mungkin sesuatu yang gampang-gampang susah. (Red: gampangnya 2 kali, susahnya cuma sekali). Karena kadang, aku juga tidak sebegitu gampangnya menerima perbedaan orang lain denganku. Tapi menerima perbedaan seseorang, bukan berarti tidak membolehkan perdebatan untuk menentukan mana yang benar, mana yang salah. bukan berarti kita tidak boleh mempersoalkan pendapat-pendapat dan keputusan-keputusan yang berbeda satu sama lain. tapi jangan sampai perbedaan yang kita miliki dengan orang lain, membuat kita tidak menyukai, membenci dan menghindari orang tersebut. Apalagi menceritakan sifat yang kita anggap salah itu kepada orang lain dengan tujuan biar orang lain sependapat dengan kita. Kenapa kita merasa berhak menghakimi sifat orang lain, padahal kita tidak melihat dari sudut pandangnya dia. Kadang kita merasa kitalah yang paling tahu mengenai apa yang benar dan apa yang salah.

Terimalah perbedaan yang kita temui, tertawalah saat seseorang berbeda sifatnya dari kita. Semua orang punya latar belakang yang berbeda, hidup di lingkungan yang berbeda, tumbuh dengan orang-orang yang berbeda, jadi kenapa kita menginginkan orang lain sama dengan kita? Apakah kita sudah yakin kalau kitalah yang benar, sifat kitalah yang terbaik? Ga kan??

 
4 Comments

Posted by on February 26, 2007 in MY OWN

 

4 responses to “Menghargai Perbedaan

  1. rusle

    March 2, 2007 at 2:33 pm

    betul…kita harus menghargai perbedaan…tapi itu mesti dimulai dari diri sendiri dunk…hehhee
    kadang kalo kita tertawa buat sebagian orang itu dianggap kurang layak…nah itu kan perbedaan cara merespon aja…:p

    ^_^
    iya, bener… 🙂

     
  2. Abdi Dalem

    March 5, 2007 at 11:34 am

    Itulah makna dari suatu realitas pluralitas yang memang sudah menjadi keharusan semesta.

     
  3. president BH

    March 8, 2007 at 7:56 am

    🙂

     
  4. TA Baktiar

    March 27, 2007 at 12:01 pm

    Awalnya lewat aja, klik sana sini,
    eh temukan blogmu, hanya sedikit pesan singkat :

    “Itulah kehidupan
    perbedaan menjadikan lebih indah’, bukankah sejarah mencatat bahwa anda ada karena ada perbedaan”

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: