RSS

Ayo Belajar Jadi Reporter di Sorowako.net

22 Jul

Minggu kemarin ada workshop menulis yang diadakan oleh mas Agam, dari External Relation, pembicaranya Mbak Lyli dan mas Farid yang mengelola panyingkul.com.
Workshop yang bertujuan memberi inspirasi kepada orang-orang untuk mulai menulis, dan memberi sedikit pengetahuan teknical dalam menulis ini, sebagian besar berisi “promosi” portal www.Panyingkul.com dan www.english.ohmynews.com, dengan mengemas “promosi” tersebut dalam bentuk cerita di balik tulisan citizen reporter yang mereka latih dan training selama ini.
Tujuan utama workshop ini adalah untuk menarik penulis-penulis soroako mulai menulis tentang Soroako di www.soroako.net, sehingga Soroako bisa mendunia. Kalau sekarang, kata mas Agam, jika kita mengetik kata Soroako di search engine yang pertama kali muncul adalah blog Titin, atau Selvi atau Sultan. (hehhehehe, aku sedikit senang kalau tau kalau ternyata blog ku muncul di baris pertama), yang kita (red : Sorowako.net) inginkan adalah, jika Soroako diketik, yang muncul di baris pertama adalah Sorowako.net. (red: dalam hati aku bilang, blog saya muncul pertama kali kalau yang diketik Soroako pak, tapi kalau Sorowako, ga yang pertama koq.. J) Dan malam itu, setelah workshop ditutup, resmilah kompetisi menulis pertama kali untuk sorowako.net dimulai. Tema yang diambil, yang paling sederhana, Sorowako dan saya, dengan tenggang waktu 2 minggu, sehingga tanggal 20 Agustus bisa dilakukan launching Sorowako.net.
Hhhhaaaahhhhh…. Walau buatku menulis bukan hal yang terlalu asing, tapi bad news–nya adalah, aku ga bisa menulis untuk jurnalistik, karena bahasa jurnalistik dan bahasa blog sangat jauh berbeda. Menulis untuk blog, aku bisa berbicara dengan bahasa apa aja, bahkan dengan tema yang tiba-tiba berubahpun, dibenarkan. Karena ga ada aturan dalam menulis blog. Tapi kalau untuk jurnalistik yang harus factual, dan ada aturannya, aku ga terlalu yakin. Bahasa yang digunakan harus bahasa formal, ga boleh ada kata-kata “btw” atau “cape deeh” atau “lagi otw”, dan ga boleh ketawa cekikikan di dalam tulisan. Hehehheheh
Hhhhhuuuuuuhhhh (narik nafas dulu….). tantangan baru… Semangat!!!
buat yang mau ikutan, ayo belajar jadi penulis berita yang baik dan berguna (^_^), kirimkan hasil liputan dan tulisanmu ke Mas Agam atau Pak Yani Esbe , karena beliau berdua yang akan menjadi juri dalam lomba ini.

 
3 Comments

Posted by on July 22, 2007 in MY OWN

 

3 responses to “Ayo Belajar Jadi Reporter di Sorowako.net

  1. rusle

    October 5, 2007 at 7:15 am

    ada naama ku gak disebut2 di workshop penulis itu?..he2
    seacara gw rutin nulis utk panyingkul 😀 narsis…

    btw kalo ngetik sorowako or soroako di google, bakal muncul juga blog ku kan? he2

    so, kapan nyumbang tulisan utk panyingkul, tin?

    kalo nulis di panyingkul, malu sama Om Rus, hehehhehehe….

     
  2. Okto Silaban

    October 7, 2007 at 3:20 am

    Duh.. yang terkenal di Google.. 😀

    hehehehe..makasie dah ngunjungin mas… blog-nya ku link-in ya…

     
  3. Yaniesbe

    February 19, 2008 at 6:08 am

    Titin…., sapa nggak kenal…, hehehe
    Gadis manis suka menulis dan menangis… 🙂

    Sukses selalu…, hasil kursus menulis mana.. belum ada paybacknya, hahahaha..

    alasannya masih sama Om, nulis sebagai jurnalis jauh lebih susah daripada nulis di Blog. Maaf om… tapi aq janji bakal ngirim tulisan ke Sorowako.net.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: