RSS

Inco News

15 Nov

15 Nov 2007.
Hari ini demo dimulai, tapi aku belum bisa melaporkan lebih lengkap. Karena belum tau kondisi sebenarnya seperti apa. Katanya kedua belah pihak sedang berunding, semoga cepat ketemu kata sepakat-nya. Ok, Quick report-nya segini dulu aja…

16 November 2007 – Pagi
Mmmmmm…. gimana perkembangannya sekarang ya??? Susah banget dapat berita. 😦

16 November 2007 – Malam
Hari ini aku masuk kerja seperti biasa, bus juga datang seperti biasa. Dari info teman-teman yang lain, di gate masih banyak orang. Pihak ketiga sudah datang untuk jadi penengah waktu berunding, belum ada yang berani bercerita banyak. Nyoba melototin Metro TV, tp belum ada berita tentang Inco, walaupun tadi malam teman2 kuliah dah mulai sms, katanya dah keluar di Metro TV.
Beritanya jadi susah di update nih, nunggu hasil pengumuman resmi keluar dulu kali ya???

17 November 2007
Malam ini gate tetap rame, aq ga tau sampai kapan aksi ini dilakukan. Tapi hari ini aku sedih, karena beberapa hubungan dengan teman-temanku jadi berubah karena kita berada di tempat yang berbeda. rasanya seperti persahabatan yang terjalin selama ini tidak lebih berharga dari semua tuntutan itu. Tapi mungkin karena aku belum terlalu memahami semua ini. 😦 😦 😦

19 november 2007
Berhubung aku lebih sering ke update sama berita dari pihak inco (maklum, aku ada di tempat yang memilih untuk masuk kantor seperti biasa 🙂 ), mungkin ada yang bisa update berita dari serikat???
Kalo update-an dari Inco isinya himbauan untuk tetap bekerja, tapi sampai hari ini, masih banyak karyawan yang ngumpul di gate 1. ^_^

20 November 2007
hari ke 6, kerugian Inco pasti dah banyak banget. Mediasi antara kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan masih tetap diusahakan. Semakin lama aksi ini berlanjut, akan semakin banyak kerugian di kedua belah pihak. Inco kehilangan produksi, dan jangan pikir serikat tidak mengeluarkan biaya untuk aksi ini.

21 November 2007
Update berita dari Tribun-Timur, nah kalau yang ini benar-benar berita dari jurnalis nih.. 🙂 Semoga memberi informasi…

16 Nov – Karyawan Inco Mogok Kerja – Aktivitas Pertambangan Lumpuh Total
Malili, Tribun – Ribuan karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (SP KEP) PT International Nickel Indonesia (Inco) CVRD Soroako, Kabupaten Luwu Timur (Lutim) menggelar aksi mogok kerja, Kamis (15/11).
Aksi mogok kerja dimulai sekitar pukul 06.00 wita dan dipusatkan di dua tempat, pintu (Gate) 1 areal tambang Inco dan pelabuhan Inco di Balantang, Kecamatan Malili. Akibatnya, aktivitas pertambangan di perusahaan tambang nikel terbesar di Indonesia ini lumpuh total.
Selengkapnya di Tribun Timur

19 Nov – Ribuan Karyawan Inco Terancam PHK – Manajemen Minta Karyawan Segera Bekerja
Malili, Tribun – Ribuan karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (SP KEP) PT International Nickel Indonesia (Inco) CVRD Soroako, Kabupaten Luwu Timur (Lutim) terancam terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pemecatan.
Pasalnya, sudah empat hari karyawan Inco ini tidak masuk kantor karena menggelar aksi mogok kerja yang dinilai ilegal oleh pihak perusahaan. Hingga kemarin, belum nampak aktivitas pertambangan di perusahaan nikel terbesar itu.
Selengkapnya di Tribun-Timur

20 Nov – Istri dan Anak Karyawan Inco Ikut Demo – Sudah Lima Hari Aktivitas Pertambangan Nyaris Lumpuh
Malili, Tribun – Memasuki hari kelima aksi mogok kerja ribuan karyawan PT International Nickel Indonesia (Inco) CVRD, aksi unjuk rasa mulai melibatkan keluarga dan anak karyawan.
Senin (19/11), terlihat ratusan istri karyawan yang membawa serta anak-anak mereka menggelar aksi peduli di Gate 1 area tambang Inco yang beroperasi di Kabupaten Luwu Timur sejak tahun 1969 ini. Keikutsertaan istri, suami, dan anak-anak karyawan ini sebagai aksi peduli atau dukungan terhadap tuntutan suami dan istri mereka yang selama ini mengabdikan diri di PT Inco.
Selengkapnya di Tribun-Timur

Dari Jurnal Nasional
19 Nov – Aksi Demo Karyawan Inco Tidak Ganggu Produksi
Makasar | 14:02:22 WIB
Aksi mogok sebagian karyawan PT. Inco, Tbk di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, hingga Senin (19/11) masih berlangsung, namun aktivitas di kilang nikel maupun di areal penambangan masih tetap berjalan.
Selengkapnya di Jurnal Nasional

Dari UjungPandang Express
21 Nov – 3.000 Warga Sorowako Akan Demo Inco-Produktivitas Inco Turun
Aksi karyawan PT Inco tampaknya terus berlanjut dan berlarut-larut. Pangaruh aksi tersebut kini mulai meluas. Dukungan terhadap karyawan terus mengalir. Ribuan warga Sorowako dari tiga kelompok turun menggelar aksi solidaritas.
Berdasarkan surat penyampaian penyampaian aksi yang diterima Polres Lutim, di Malili, Selasa (20/11), tiga komponen masyarakat Sorowako, Kerukunan Wawania Asli Sorowako (KWAS), Forum Komunikasi Pemuda Asli Sorowako (FK-PAS), dan Forum Pemuda Desa Sorowako Bersatu (FPDSB) yang jumlahnya sekitar 3.000 orang akan turun menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (22/11) besok.
Selengkapnya Di UjungPandang Expres

22 November 2007
Ada-ada aja berita tentang aksi ini, dan pemberitaannya beda-beda. Dari jumlah yang demo (bervariasi dari hanya 100 orang sampai ribuan orang), dari yang bahasa Indonesia, Bahasa Inggris sampai bahasa yang aku ga ngerti. Tapi buat yang berminat bisa ngetik “Inco Worker Strike” di google, bakal nemu beberapa laporan dari media/pengamat luar ttg aksi ini.

25 November 2007
Laporan terakhir, aksi mogok kerjanya berakhir hari ini 🙂 . Besok di kantor akan banyak email dan banyak telpon lagi. Semangat!!!
Karena sudah berakhir, dan kalau post ini dilanjutin akan terlalu panjang, jadi lanjutin di Thanks God, Akhirnya Mogok Kerjanya Berakhir

 
32 Comments

Posted by on November 15, 2007 in MY OWN

 

32 responses to “Inco News

  1. Serpentine

    November 15, 2007 at 6:48 am

    Just be carefull to put the information. it should be update and balance. it’s nice to have some one else recognized what’s happen in Sorowako, but it has to be clear and no responsibles. Good site.

    Thanks Serpentine, I’m sorry I can’t give more information (for now). I just hope it will be solved soon. Sorry…. Try another blogs, perhaps they know more than me. ^_^

     
  2. arenasimulasi

    November 15, 2007 at 11:31 pm

    Mbak gimana Inco jumat hari ini?
    Mbak ttep masuk kerja?

    Aku masuk kerja dari kemarin. bagiku, aku punya pendapat, orang lain juga punya pendapat, dan kalau berbeda pendapat jangan sampai saling menyalahkan dan mengintimidasi. 🙂

     
  3. Lili

    November 15, 2007 at 11:57 pm

    Kata teman2 yang sedang mogok kerja, mereka gak mau di sebut sebagai demonstran. Salut buat mereka yang sedang mogok saat ini..bener2 aksi damai…kemarin sempat dag dig dug akan di cegat kalau berangkat ke kantor, sampai2 berangkat kerja kudu lewat Gunung Batu.. tapi kemarin sore dan hari ini dah bolak-balik masuk lewat gate 1. ..dan gak ada intimidasi sama sekali dari teman2 yang sedang berjuang di luar sana.

    iya ya.. lebih enak disebut mogok kerja daripada demo. EHS jadi sibuk dong Mbak? mesti standby kan… kita berdoa aja semoga kesepakatan antara kedua belah pihak cepat ditemukan. Dan bisa kembali bekerja dengan keadaan normal, (maksudnya normal itu, banyak telpon, banyak user yang marah-marah, karena sekarang kantor sepi banget. hehhehehe)

     
  4. arenasimulasi

    November 16, 2007 at 12:28 am

    Oh, hebat ya aksi damai.

    Padahal inco lg buka recruitmen kan?
    AIRCRAFT PILOT TRAINEE
    AIRCRAFT MAINTENANCE
    sama
    EHS IMPROVEMENT COORDINATOR

    Belum ada lowongan buat fresh graduate seperti saya kah?
    Di dept mbak?

    Banyak juga koq lowongan buat fresh graduate, intip-intip aja lowongan di kompas. kalo rekruitment eksternal biasanya keluar di kompas. Kalo di divisiku, kalo ga salah sekarang lagi butuh yang pengalaman 3 tahun. ^_^

     
  5. arenasimulasi

    November 16, 2007 at 6:03 pm

    Ok i’ll try. Thanks.

    Ayo mbak, post lg ttg Warehousing & inventory 🙂

    Segera ya… ^_^. Berhubung di kantor hampir ga ada email dan telpon dari user-user yang menanyakan status barang, jadi bisa konsen ke medterm dan longterm strategy. Sepertinya juga sempat bikin tulisan… 🙂

     
  6. ko

    November 16, 2007 at 6:39 pm

    info terakhir sih aksi mogoknya masih berlanjut dan damai.

    Thanks infonya ya… Oiya, kemarin aq dapat beberapa foto keadaan di gate, kelihatannya baik-baik aja, yang mogok dan yang ngejaga berbaur kayak di tempat umum. Ga ada wajah tegang dan emosi. ^_^

     
  7. ko

    November 16, 2007 at 6:40 pm

    oya..salam kenal

    Salam kenal juga, kalo boleh tau, sekarang lg di Sorowako belahan mana nih?? 🙂

     
  8. iwanskoes

    November 17, 2007 at 2:42 am

    mba di departement mana yach??? ngomong2 sering maen ke external community gak???kalo sering ke sana mungkin kenal dengan saudara aku kali yach??? namanya laode muh ichman.kalo kenal tolong sampaikan salam aku yach!!!bilang ke dia aku sering dan suka baca kok informasi ttg inco dan cari informasi ttg wilayah sekitar inco yang dimana sekarang ini mbak sedng lakukan di home page mba semacam itu kali yach xixixixii.ok jgn lupa yach!!sering2 aja buat berita ttg apa aja yg menyangkut wilayah inco dll!!!!ok!!!bravo mbak….bye ….salam! by iwan (iwanskoes)

    lam kenal Iwan.. aku di departement SCM, dan ga terlalu sering ke external relation. Selama aku bisa, kucoba update berita ttg sorowako sesering mungkin. I do my best… ^_^

     
  9. pank

    November 17, 2007 at 8:46 am

    Mbak ti2n..planetx dah jadi..cuma ada beberapa error pd blog tertentu…termasuk blogx mba’..*menunduk sambil minta maaf*..tapi segera koreksi kok…

    Salam Blogger…

    Sip. percaya koq sama yang ahli… hehehheh

     
  10. iwanskoes

    November 18, 2007 at 6:24 am

    mbak…..gimana kabar seputaran ttg soroako dan sekitar??trus informasi ttg karyawan yg demo gimana selanjutnya??asal soroako dan sekitarnya aman aja gak ada masalah ok peace!so aktivitas di lapangan pabrik gimana yach? kembali seperti biasanya kan??? ok ditunggu informasi berikut nya chao ….bravo piss

    Sorowako damai-damai aja koq, walau aksi ini masih tetap topik hot, tapi kegiatan berjalan seperti biasa. yang jualan coto tetap jualan dan tetap rame, kalo malam yang jualan saraba juga tetap rame (bahkan kayaknya tambah rame, soalnya ada yang pesan buat dibawa ke gate 1. ^_^

     
  11. aslam

    November 18, 2007 at 9:15 pm

    masih belum ada kabar terbaru-kah? 😦

    Kabar terbaru ga ada, masih kayak kemarin dan kemarinnya lagi. hiks…hiks… Susah dapat info nih, mungkin karena aku bukan dari pihak luar kali ya…., “takut” menilai dengan tidak adil, “takut” penilaiannya mementingkan kepentingan tertentu. hehehehehe, bingung kan maksudnya apa….

     
  12. iwanskoes

    November 19, 2007 at 5:27 am

    aii ,paccei ini mbak ,belum ada laporan masuk tentang perkembangan di soroako!!!!huh!! ayo faghting!!!!go for it !!!jgn pernah lelah mencari berita seputaran ttg area pt inco right !di sini selalu setia menunggu kabar dari situ ok!!bravo piss!!!

    yeee… kenapa demonya jadi pindah kesini?? kurang gede tuh spanduknya. heheheheheh. Sorry kalo update-nya lama. Overall, sorowako damai-damai saja, kecuali kalo mampir di gate 1, kayaknya separo sorowako ngumpul disana deh, soalnya sekalian jadi tempat ngumpul-ngumpul. ^_^
    Coba Klik link ini, Tribun Malili, beritanya kudapat dari mysrorowako

     
  13. pank

    November 19, 2007 at 3:47 pm

    mba’..sy berikan alamat alternatif untuk blogx ya… http://titinfitriani.mysorowako.com/ …Smoga bermanfaat

    Salam blogger..

    hehheehhe… makasie ya… namanya jangan Sorowako Lovely Community boleh ga? Sorowako Blogsphere aja gimana? ^_^

     
  14. pank

    November 19, 2007 at 5:04 pm

    iya..sy dari kmaren-kamren dh mo ganti, tapi lupa terus…trims tlah mengingatkan…*langsung ngadmin*

    🙂

     
  15. Emy Mart

    November 19, 2007 at 6:37 pm

    Tkyu infonya….setidaknya kami yg di luar Sorowako bisa ter-up date dengan keadaan di kampung halaman….
    Salam kenal…

    -Emy Mart-

    Lam kenal juga… Semoga sedikit info dariku bisa bermanfaat.

     
  16. bLuEpIcKo

    November 20, 2007 at 12:20 am

    Hi tin…aku lagi searching2 brita mogok kerja inco…eh nge link kesini…
    lama ga maen ksini…blog nya jadi makin keren…rame rame..
    hold on there tin…nantikan gw balik hehehehe…

    Waaaa… Upi mampir di blog ku… huehehehe… Gimana Jakarta? masih betah dengan macetnya kan? 😀 Puas2in dulu sebelum ntar mesti balik lagi ke Sorowako ya… Kapan aku juga bisa training 3 bulan di jakarta ya? Ga Jakarta juga gpp, Singapore atau Canada juga boleh koq.. hahaha 😀

     
  17. bLuEpIcKo

    November 20, 2007 at 12:25 am

    By the way busway…
    link nya jangan toaha rufaidah dunk tin…imel inco banget gitu loch…
    Pake bluepicko ajah ato upi ajah ato pake hana’s mom juga mboleeehhhh…
    (preferable-nya yg terakhir itu loh tin…secara gw dah emak emak sekarang hehehehe…)

    Ok.. Segera diubah… 🙂

     
  18. iwanskoes

    November 20, 2007 at 6:10 am

    huh!!!mba ini ,jawaban nya terus ga nyambung alias jaka sembung bawa golok xixixixixi

    huh!! Nie anak kerjaannya protes mulu… 🙂 Jd gini de’ iwan (hehehheheh), khusus untuk topik ini, sebenarnya pengen cerita banyak dan memberikan pendapat sendiri, tapi karena sekarang aku orang yang terlibat langsung, ntar pendapatku menjadi memihak pihak tertentu sesuai dengan aku berada dipihak yang mana sekarang. Aku nulis berita di blog, berharap ada yang suka rela bagi-bagi cerita, walau dikit-dikit aja, tapi kalo digabung2in kan lumayan. ^_^
    Maap ya… 😦 Tapi makasie masih tetap setia nengokin blogku,walau sampai sekarang berita demonya masih ngegantung… hehehehheeh…

     
  19. irfan

    November 20, 2007 at 8:33 pm

    assalamualikum warahmatullahi wabarokatu.

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu… Selamat datang di Blog ku… 🙂

     
  20. iwanskoes

    November 21, 2007 at 5:54 am

    berita demonya masih ngegantung . iwan answer,its mean berita demonya ngengutang .xixixixixi …tapi iwan berharaap berita dari kamu walau sampai sekarangberita demonya masih ngengutang berita ke aku.. yuup,di tunggu yach untuk berita yg lebih akurat dari kamu !!!beritanya jgn hangged lagi yach!!! go for it!!piss(“3”)chu

    hehehe… sampai demo eh, mogok kerjanya kelar, bakal diupdate terus. sekalian ngumpulin info2 dari tempat lain. Tapi kalo nulis berita nge-hangged sekali2, gpp to?? hihihihihih….

     
  21. poeds

    November 21, 2007 at 6:26 pm

    seru juga keadaan sorowako beberapa hari ini…. clean… gak ada asap pabrik..

    katanya hari ini hari keputusannya ya….?
    *dari kabar burung yang saya dapat, tapi gak tahu burung siapa :)*

    Hari ini pabrik dah berasap looo… Kalau kemarin hanya 1 line yang berproduksi, tapi hari ini sepertinya 2 line. Gosipnya beberapa operator yang ikut mogok sudah mulai masuk kantor, cuma karena pelabuhan Balantang masih “mati”, barang-barang inventoryku belum masuk site. Yang stock out masih aja tetap stock out. ^_^
    Iya nih, katanya hari ini bakal ada keputusan, karena kemarin dilakukan mediasi lagi.

     
  22. selvi

    November 22, 2007 at 7:25 am

    Hebat….hebat…
    sempat-sempatin ngasih berita seputar gate 1, mana beritanya g memihak lagi…

    Allow Selvi… 🙂 Access blog-nya sudah dibuka lagi nih.. Seneng kan?? heheheh… Kupikir bakal di block selamanya, ternyata hanya karena management lagi butuh bandwidth gede aja. 😀

     
  23. iwanskoes

    November 23, 2007 at 6:48 am

    no comment

    😛

     
  24. chet

    November 26, 2007 at 6:07 am

    Salam kenal!

    Salam kenal juga… Sering-sering mampir ya.. 🙂

     
  25. chet

    November 27, 2007 at 5:11 am

    Salam kenal.Ex YPS ya?

    Aku bukan ex YPS. Terus terang, aku baru mendengar soroako waktu diterima bekerja di Inco, dan yang kulakukan adalah membuka Peta, dan dengan sedikit susah payah menemukan titik kecil bernama sorowako. ^_^

     
  26. chet

    November 30, 2007 at 6:45 am

    okey,smoga krasan diswk. salam buat org swk

    ^_^ terimakasih…

     
  27. iwanskoes

    November 30, 2007 at 9:37 am

    no comment

    😛

     
  28. iwanskoes

    December 6, 2007 at 5:21 am

    no comment

     
  29. yitro kadama

    April 24, 2008 at 2:40 am

    hello…hello there..how are u doing? wow it’s been a long time not to see my country..sorowako,,,wasuponda ,,,,malili…ohh my lovely vilage KAWATA..slam kenal untuk semua!

    Salam kenal.. 🙂

     
  30. andi

    October 3, 2008 at 10:27 pm

    Assalamualaikum wr. wb.
    I wanna join into ur blog.. salam kenal ya…

     
  31. resty

    November 13, 2008 at 9:27 am

    ass,,,salam kenal,,,

     
  32. Duddy Arisandi

    June 22, 2011 at 4:42 pm

    Kerens, mudah-mudahan bisa di-share terus.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: