RSS

Berbuat Kesalahan

17 Sep

Yang ngerasa ga pernah berbuat salah, coba angkat tangan.. 🙂
Manusia itu kan tempatnya salah dan dosa, jadi berbuat salah itu hal yang biasa. Ga usah minder dan ga usah khawatir. Dulu nih, waktu masa-masa belum menemukan diri sendiri, berbuat salah rasanya hal yang tabu. Sekali kita berbuat salah, rasanya orang-orang di sekeliling kita ga akan pernah melupakan dan memaafkannya. Ada yang merasa seperti itukah? 🙂

Aku pernah membicarakan diriku yang melakukan kesalahan yang sama lebih dari sekali dengan seorang teman. Aku bodoh sekali, kira-kira itulah perkataan penutupku. Tapi tu teman dengan santainya bilang, Tuhan tau koq manusia itu biangnya salah dan dosa, mereka makhluk yang berbuat salah lagi dan lagi. Bahkan jika saat kamu berbuat satu kesalahan, kamu bertobat dan entah kenapa setelah itu melakukan lagi, InsyaAllah tetap akan diampuni. Bukankah kita juga diwajibkan shalat berkali-kali? Ga hanya sekali saja dan selesai? Bukankah kita disuruh berpuasa, bersedekah, berzikir juga berkali-kali, karena Allah tau kita selalu lupa, karena itu kita “dipaksa” untuk mengingat-Nya dengan semua perintah-perintah itu.

Tapi buat manusia biasa seperti diriku, tetap saja setiap melakukan kesalahan, rasanya ingin memutar waktu kembali dan mengulang segalanya sehingga kesalahan itu bisa dihindari. Dan bersyukur ilmu pengetahuan belum menemukan mesin waktu, karena betapa tidak bahagianya jika kita selalu kembali ke masa lalu dan mengulang kembali hal-hal yang pernah kita lakukan untuk memperbaiki sekian kesalahan yang pernah kita lakukan. ^_^

Dari hasil Googling, aku juga dapat informasi bahwa nabi Muhammad SAW sendiri tidak luput dari berbuat salah, hanya bedanya dengan kita adalah Allah segera mengoreksi kesalahan yang dilakukan beliau. Dan koreksi itu akan keluar dalam bentuk wahyu ataupun haditz sehingga setiap orang setelah itu bisa mengambil hikmahnya.

So, ini bukan himbauan untuk berbuat salah, tapi himbauan untuk jangan takut berbuat salah. karena Allah adalah Maha Penagampun, jadi percayalah selalu ada ampunan yang cukup buat kita.

Ooo Tuhanku, aku tak layak ke Surga-Mu
Namun tak pula aku sanggup ke neraka-Mu
Ampunkan dosaku terimalah taubatku
(Raihan)

 
Leave a comment

Posted by on September 17, 2008 in MY OWN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: