RSS

Bermain Dengan Scenario Planning

22 Feb

Di sela-sela menyelesaikan Ujian Tengah Semester Strategic Decision Making and Negotiation, di sela-sela mengerjakan semua assignment individual dan group, dan karena nanti sore mau ketemuan dengan anggota group untuk membuat presentasi scenario planning dan business strategy… I realized that this Scenario Planning topic pull me to a level where I found out one of the reason, how high management level could think the strategy and make some plans for their company for 10 years or more, and I know I can do it also, walau level kualitasnya berbeda, tapi ini kan masalah waktu dan pengalaman, hehehe. The most important thing is, now I know the way and I could make action of plans to anticipate the future of something. isn’t it great? ^_^

Setelah membaca beberapa teori, aku mencoba bermain untuk mengetahui seberapa jauh yang kupahami tentang topik ini, pemahaman dan cara-nya masih sederhana, tapi kesenangannya tidak berkurang. 😀

This is great method, and fun… ^_^

Antara skenario dan ramalan (forecast), keduanya nampak hampir sama, tapi berbeda. Forecast mengandalkan keakuratan data dan mencari satu jawaban apa yang akan terjadi selanjutnya. Sementara skenario planning berbicara tentang menggabungkan sekian banyak factor dan melihat kemungkinan yang bisa terjadi. Karena tidak ada yang bisa meramalkan masa depan.

Let’s play this scenario planning game

Make it simple, let see the future of buku/hardcopy 10 tahun dari sekarang dengan melihat 2 faktor saja yaitu penemuan handheld ebook yang sangat inovatif dan demand buku. Dalam skenario planning, kita harus melihat kemungkinan yang bisa terjadi dan melayangkan imajinasi untuk membuat satu set cerita. Caranya dengan membuat 4 skenario yang terdiri atas extreme result, nothing happen, dan dua skenario gabungan.

Skenario yang mungkin terjadi:

1. Ebook menguasai dunia. Tahun 2015 ditemukan perangkat keras media ebook yang bisa diperoleh dengan harga murah sehingga setiap orang memiliki alat tersebut seperti layaknya handphone saat ini. Didukung system penyimpanan yang semakin canggih dan keberadaan free wireless yang bisa ditemukan dimana-mana, membuat ebook bisa diperoleh dengan harga sangat murah. Pecinta lingkungan yang menolak penebangan pohon untuk kertas memulai dan membantu revolusi teknologi ini, sekaligus meminta pemerintah memperketat peraturan mengenai penebangan pohon untuk industry pulp dan kertas.

2. Buku/hardcopy tetap berjaya. Ternyata tidak ada yang bisa menggantikan sensasi membuka lembaran buku, menandai, memberi catatan kaki dan men-stabilo baris-baris yang diminati pada saat membaca, serta mengoleksi/memajang rak yang penuh buku di rumah. Hal ini didukung juga oleh para pemilik industry kertas dan publisher yang tidak memberi kesempatan teknologi baru berkembang, issue radiasi dan efek negative penggunaan perangkat keras ebook berdengung dimana-mana.

3. Ebook semakin dikenal. Sementara hardcopy tetap menjadi pilihan utama di daerah yang kurang terjangkau teknologi dan oleh kolektor buku. Ebook berkembang perlahan tapi pasti. Mahasiswa dan anak-anak sekolah menggunakan ebook 60% dibandingkan penggunaan hardcopy. Ebook publisher mencari jalan penyebaran ebook melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan dan menawarkan harga yang lebih murah. Ebook piracy berkembang dengan pesat, dan menjadi salah satu yang paling dicari selain film-film dan music.

4. Hardcopy masih digemari. Buku adalah pilihan utama, dan ebook hanya untuk buku-buku yang susah diperoleh. Harga ebook yang cukup mahal, perangkat keras yang susah dimiliki, membuat ebook kebanyakan dimiliki dan digunakan para pencinta lingkungan dan masyarakat dengan ekonomi menengah keatas. Tidak ada perubahan signifikan dalam jumlah produksi hardcopy. Pemakaian buku di lingkungan sekolah menguasai 70% dibandingkan ebook.

Membuat skenario tidak ada gunanya jika tidak melakukan apa-apa, dari setiap skenario diperlukan plan of action untuk setiap skenario yang disusun. Tapi dengan sekian banyak skenario, hal-hal yang harus dilakukan untuk mengantisipasi setiap skenario juga sangat banyak. Melakukan banyak hal sekaligus sama saja dengan tidak melakukan apapun. Yang diperlukan selanjutnya adalah menentukan prioritas. Caranya, bisa menggunakan Smart analysis, atau menentukan prioritas dengan cara sederhana, yaitu memperhatikan dan menghitung setiap plan of action.

Dari semua plan of action, jika ada action yang selalu muncul di semua kondisi, artinya itu adalah prioritas pertama yang harus dilakukan dari sekarang. Action yang muncul sebanyak 3 atau 2 kali, adalah prioritas kedua. Dan untuk action yang hanya muncul satu kali, perusahaan harus melakukan investasi kecil2an untuk mengantisipasi kemungkinana yang terjadi. Seiring berjalan waktu, akan terlihat skenario yang akan terjadi, dan investasi difokuskan di plan of action yang mendekati.

Kelar deh, tinggal implementasi action. Sekarang ada yang mau menentukan prioritas investasi dengan membuat skenario planning? Mmmmm, kira-kira 10 tahun lagi apa yang akan terjadi? Apakah Ibukota akan benar-benar pindah ke Kalimantan sehingga sebaiknya mulai berinvestasi disana, apa produk China semakin murah dan semakin gampang diperoleh sehingga batik solo/jogja, sepatu/sandal buatan bandung menjadi terlalu mahal, apa masih menguntungkan invest ke saham seandainya bursa saham Indonesia berjaya atau kembali lesu karena krisis politik dan korupsi yang tetap merajalela.

Wah, banyak kemungkinan, banyak skenario. Apalagi jika membicarakan skenario untuk perusahaan besar, factor-faktor yang mesti dilihat semakin banyak. Tapi perusahaan besar punya visi, misi dan strategy sebagai guidance pertama, nothing to worry about..

Selamat bermain dengan masa depan yang tidak punya batasan. It’s really fun…

 
3 Comments

Posted by on February 22, 2011 in EDISI KULIAH, MY OWN

 

3 responses to “Bermain Dengan Scenario Planning

  1. gee

    February 22, 2011 at 4:34 pm

    Menarik utk dicoba. Tx..

     
  2. prihantoro

    March 21, 2011 at 4:23 pm

    hardcopy mungkin akan semakin jarang diminati

    best regards
    HAN
    http://mhprihantoro.blogdetik.com/green-apple-4sale/
    http://mhprihantoro.blogdetik.com/

     
  3. prihantoro

    March 21, 2011 at 4:24 pm

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: