RSS

The Miracle of Caffein

01 May

20140501-163240.jpg

The miracle of caffein ini merupakan judul buku yang sekilas terlihat langsung kubeli tanpa melihat isinya terlebih dahulu. hehehehe… Sebagai pengkonsumsi kopi yang sempat berpikir untuk mengurangi jumlah konsumsi kopi, karena katanya tidak baik untuk kesehatan, buku ini benar-benar pemberi alasan yang sangat baik untuk tetap minum kopi. Bayangkan nih, di bagian belakang buku, terdapat list manfaat kafein (yang banyak terdapat pada kopi dan teh) berdasarkan penelitian terbaru yaitu :

– Antioksidan yang hebat, memulihkan kerusakan otot, dan membuat awet muda

– Melejitkan IQ serta daya pikir, daya ingat, dan kemampuan menyelesaikan masalah

– Meningkatkan konsentrasi dan melenyapkan kebosanan

–  Memperbaiki suasana hati dan menghilangkan depresi, menciptakan perilaku sukses

– Menggenjot kemampuan berlari, berenang dan bersepeda lebih cepat dan lama

– Menghilangkan rasa sakit

– Mengatasi akibat buruk jet lag

Belum kalau membaca isi buku, list manfaat kafein-nya makin banyak, tapi ada syarat dan ketentuannya. Syaratnya hanyalah mengkonsumsinya dalam dosis kecil hingga sedang sesuai dengan kebutuhan individu. Salah satu cara mengetahui apakah dosis kafein cukup atau berlebih, adalah dengan memperhatikan pola tidur, jika seseorang mengalami kesulitan tidur karena kafein, maka dosis kaffein harus dikurangi. Tapi kalau sepertiku yang matanya tetap ngantuk walaupun satu cangkir black coffee atau 1 bungkus coffeemix baru saja kuhabiskan, berarti masih dalam rentang yang bagus. Tapi tetap jangan banyak-banyak, karena efek kafein berbentuk seperti huruf U terbalik, artinya jika diminum dalam jumlah sedikit, manfaatnya minimal, jika diminum dalam jumlah lebih banyak, manfaatnya lebih besar, tapi jika diminum lebih banyak lagi justru hanya akan menurunkan manfaat tersebut. Dan juga  karena setap minum kopi, akan ada gula yang dikonsumsi, dan kebanyakan gula bisa menyebabkan diabetes. Atau mungkin bisa kuganti dengan minum black coffe memakai gula rendah kalori. Mmmmmm…. boljug…

Walaupun salah satu fungsi kafein adalah meningkatkan energi, tapi jangan khawatir dengan terkurasnya energi, Karena kafein hanya membantu pelepasan kalsium dalam otot menjadi lebih cepat, meningkatkan kontraksi otot, dan membuat otot bekerja lebih efisien. Kafein membantu meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak, sehingga baik juga digunakan untuk menurunkan berat badan (fungsi lain kafein juga menurunkan nafsu makan looo..).

Kandungan kafein dalam 1 cangkir kopi instant (180 ml) adalah 100 mg kafein. sementara kandung kafein dalam 240 ml kopi saring adalah 200 mg. Minuman kaleng seperti coca cola dan Pepsi mengandung kafein 40 mg. Dosis kafein kecil atau sedang adalah sebesar 200 mg kafein, atau kira-kira setara dengan 1 cangkir kopi saring 240 ml. Jika gejala-gejala seperti Insomnia, detak jantung meningkat, gugup, gelisah, emosi buruk dan cemas dirasakan setelah mengkonsumsi kafein, artinya seseorang mengkonsumsi kafein secara berlebihan dan dosisnya harus dikurangi.

 
Apakah kopi membuat addicted atau ketagihan? Dari pengalaman sendiri, akan kujawab kemungkinan besar iya… tapi syukurlah sampai sekarang belum ada kasus seseorang kehilangan pekerjaan, atau kehilangan kewarasannya karena ketagihan kopi. ^_^ Kalau sudah merasa ga bisa hidup sehari tanpa minum kopi, kurangi aja dosisnya sedikit demi sedikit. Karena ketagihannya ga seperti ketagihan pada alkohol dan narkoba, jadi ga perlu masuk panti rehabilitasi koq. hehehhehehe…

Enjoy coffee, 3 cups per day.. ^_^

 
Leave a comment

Posted by on May 1, 2014 in COFFEEDICTED

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: